Dakwah NETIKET

stopphotoDua hari yang lalu banyak beredar photo2 korban kecelakaan lalu lintas di media sosial yang mengposting photo2 tersebut secara vulgar. Miris memang..bahkan sangat memilukan hati, apalagi bila dilihat oleh keluarga korban yg masih dalam keadaan berduka.

hari ini mulai banyak update status sumpah serapah terhadap orang2 yg mempublikasi photo2 tersebut yg dianggap tidak berETIKA. Saya tidak membela para “citizen journalism” yg latah dan gatal tangannya mengupload photo2 miris tersebut, dan saya juga tidak membenarkan status sumpah serapah yang terkadang juga sangat jauh dari sekedar memperingatkan atau memberi nasehat.

Sebagai sesama netizen…. alangkah baiknya saling memberi nasehat satu sama lain dg santun dan bijak… bila ada yg perlu penekanan… silahkan menyampaikan secara personal… semua aplikasi media sosial menyediakan fasilitas PM (private messsage).

dalam kehidupan netizen ada norma-narma yg berlaku yg biasa disebut NETIKET. tapi masih banyak para netizen yang belum mengentahui dan memahami netiket ini. Mungkin DAKWAH NETIKET belum sampai kepada mereka… bisa jadi mereka warga baru Netizen.

daripada bersumpah serapah yang membuat kesan seolah dinding-dinding pertemanan ini lebih mirip KEBUN BINATANG… alangkah baiknya bila yg merasa berETIKA dan memahami NETIKET… berDAKWAHlah dengan ma’ruf ..sampaikanlah NETIKET walau hanya satu ayat.

apakah kita merasa berETIKA ? ketika kita menyumpah serapah orang2 yg kita anggap TIDAK BERETIKA ?

Wallahu A’lam Bishawab

 

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (1)

  1. March 4th, 2016 at 16:59 | #1

    Memang disayangkan sekali, netizen sudah tidak tau lagi mana yg boleh dishare mana yang tidak :(

Leave a Reply





stack