Radio Rimba Raya

Sudah sejak duduk di bangku SMP aku mendengar cerita tentang Radio Rimba Raya dari seorang guru sejarah di sekolah. Baru kali ini berkesempatan mengunjugi monumen Radio Rimba Raya di Desa Rime Raya, Kecamatan Timang Gajah, Kabupten Bener Meriah.Sejarah Radio Rimba Raya sangat sulit didapat secara lengkap karena memang sudah menjadi rahasia umumĀ  bahwa Pemerintah RI banyak menyembunyikan sejarah-sejarah sumbangsih Aceh terhadap negara ini.

Radio Rimba Raya adalah salah satu bukti sejarah kontribusi Aceh terhadap berdirinya Negara Republik Indonesia. Tanpa diberitakannya bahwa RI masih ada di Aceh setelah Jakarta dan Yoqyakarta lumpuh oleh Agresi Militer Belanda II, Republik mungkin sudah tidak ada lagi.

Sejarah Singkat Radio Rimba Raya bisa dibaca disini http://id.wikipedia.org/wiki/Radio_Rimba_Raya http://acehpedia.org/Monumen_Radio_Rimba_Raya

Bagi anda yang melintasi Bireuen – Takengon, tidak ada salahnya mampir di monumen ini, perjalanan lebih kurang 80 menit dari Kota Juang Bireuen, sebelum memasuki Pasar Lampahan, mampirlah di Desa Rime Raya, dari Jalan raya sudah mulai nampak tugu monumennya yang menjulang tinggi. Lokasinya sangat bagus berada di ketinggian yang sangat srategis untuk melakukan trasmisi signal radio. Monumen yang diresmikan oleh Menteri Koperasi/Kepala Bulog, Bustanil Arifin pada 27 Oktober 1987 sangat indah, tapi sayang saat ini kurang terawat dan banyak coretan-coretan iseng para ABG.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (1)

  1. August 11th, 2012 at 09:36 | #1

    Lumayan menakjubkan untuk ditela’ah lebih lanjut….

Leave a Reply





stack