Manajemen : Peran Manajer Yang Efektif (part2)

Menjadi seorang leader (manajer) itu sungguh merupakan tanggung jawab yang luar biasa, pada saat menerimanya, posisi ini terdengar indah bagi anda dan bila  kenyataan itu tiba, Anda bukan hanya menerima sejumlah besar pekerjaan yang harus diselesaikan, jauh lebih banyak apa yang anda lakukan sebelumnya sebagai kontributor individu, tetapi Anda juga menerima mereka yang bekerja di dalam organisasi Anda sebagai tanggung jawab anda. Darimana anda harus memulai?

Tempat terbaik untuk memulainya adalah mempelajari cara mengeryakan staf langsung Anda agar dapat meraih hasil yang anda perllukan melalaui mereka, karena tanpa mereka, Anda tidak akan pernah meraih kebehasilan.

Delapan  peran Khusus dari Manajer yang efektif :

1. Pemimpin

Seorang pemimpin harus mampu melihat melampaui keperluan kerja sehari-hari pada saat ini dan menentukan kemana organisasinya berjalan. Seorang pemimpin harus menggerakkan orgasnisasinya maju ke depan dengan berfikir secara strategis tentang arah yang harus diambil. Mereka membentuk relasi yang melampui organisasi untuk membangun dan menjaga reputasi organisasinya

2. Direktur

Seorang direktur harus mampu menggambarkan suatu masalah dan mengambil inisiatif dalam menentukan solusi. Dengan menggunakan perencanaan dan ketrampilan menyusun tujuan, seorang direktur menentukan apa yang harus didelegasikan dan memastikan bahwa setiap orang memahami apa yang harus mereka lakukan.

3. Kontributor

Seorang kontributor haruslah berorientasi pada tugas dan fokus pada pekerjaan, memastikan bahwa produktivitas pribadinya muncul bersama dengan memotivasi orang lain agar percaya bahwa produktivitas organisasinya berada pada  potensi yang terbaik.

4. Instruktur

Seorang instruktur diikut sertakan dalam pengembangan manusia dengan cara menciptakan orienstasi yang bersifat memberi perhatian dan empati, yaitu memberi bantuan, penuh perhatian, sensitif, mudah ditemui, terbuka dan adil.

5. Fasilitator

Seorang fasilitator membantu perkembangan usaha bersama sebuah organisasi, membangun keterpaduan dan kerja kelompok dan mengelola konflik interpersonal.

6. Pengamat

Memberi perhatian pada apa yang sedang terjadi didalam unit, menentukan apakah orang mencapai tujuannya dan mengawasi apakah unit itu mencapai sasarannya. Pengamat juga bertanggung jawab untuk memahami apa yang penting untuk diketahui oleh kelompok dan memastikan informasi itu tidak berlebihan.

7. Inovator

Seorang inovator menfasilitasi penyesuaian dan perubahan, memberi perhatian pada lingkungan yang berubah, mengenali tren yang memberikan dampak bagi organisasi, dan kemudian menentukan perubahan yang diperlukan untuk keberhasilan organisasi.

8. Organisator

Seorang organisator mengambil tanggung jawab untuk pekerjaan perencanaan, mengelola tugas dan struktur dan kemudian menindak lanjuti untuk memastikan bahwa apa yang telah disepakati telah dilengkapi dengan adanya teknologi, koordinasi staf, penanganan krisis dan lain lain.

Postingan Terkait :

Manajemen : Antara Teori & Realita (part1)

Trackbacks (1)

Comments (0)

  1. No comments yet.

Leave a Reply





stack