Manajemen : Antara Teori & Realita (part1)

Hari minggu ini karena masih dalam suasana menyambut Ramadhan 1433 H   weekend class Management yang satu tahun ini aku ikuti diliburkan.  Sekedar untuk mengingat apa yang sudah diajarkan oleh para dosen tentang Manajemen  yang sangat mudah untuk dijelaskan, dibicarakan didiskusikan tetapi sulit untuk diiplemantasikan secara benar.

Teori manajemen yang sangat tekstual terkesan sederhana dilihat dari fungsi-fungsi manajemen secara normatif, baik itu planing, organizing, coordinating, actuating, leading maupun controlling ketika dihadapkan dalam dunia realita ternyata tidak sesederhana teori yang kita pelajari, bahkan antara teori dan realita saling bertolak belakang.

Hal inilah yang harus menjadi bahan renungan bagi orang-orang yang berada pada posisi leader dalam sebuah organisasi, baik itu sebagai direktur, manajer, sepervisor maupun mandor, jangan terjebak dengan konsep-konsep normatif dalam menghadapi setiap permasalahan manajemen di organisasi Anda. Bahkan pengelaman leader-leader sukses juga belum tentu bisa kita aplikasikan, karena setiap masalah di manajemen sangat kasusistik, beda zaman, beda waktu, beda tempat, beda organisai, beda orang beda pula pendekatannya. Oleh karena itu Manajemen itu sama dengan seni, tidak ada tepi dan batas, bahkan kadang ada yang lebih ekstrim, dalam kondisi tertentu kadangkala harus melangkahi norma-norma yang ada.

Itulah manajemen… itulah seni. karena manajemen adalah seni.

Postingan Terkait
Manajemen : Peran Manajer Yang Efektif (part2)

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (2)

  1. September 7th, 2012 at 19:25 | #1

    hua akhir-akhir lagi malas menulis di Blog. Mudah-mudahan seeypatnca bisa menulis lagi .jaga kualitas dan kuantitas, kalau bisa kedua-duanya tetap di pertahankan dan senantiasa di upgrade ke versi terbaru (wordpress saja sekarang sudah versi 3.0.1 heheeh, ndak ada hubungannya)

  2. January 10th, 2013 at 03:29 | #2

    Makasih nih infonya, moga-moga bermanfaat aja nih…sekalilagi makasih ya…

Leave a Reply





stack