Jambo Hatta

 

Panorama Hatta
Panorama Hatta

Keunoe hai rakan ta piyoh siat..
Ta duek meusapat bak jambo hatta
Nyoe kon hukom nyoe kon adat..
Mungken tabiat jiet keu biasa…

Bagi masyarakat Aceh, lagu mengisahkan Aceh Selatan yang dilantunkan oleh Syehlotan sudah tidak asing lagi, tapi banyak yang  belum tau  tentang Jambo Hatta.

Prasasti Panorama Hatta
Prasasti Panorama Hatta

Jambo Hatta merupakan sebuah pondok kecil dimana wakil presiden Republik Indonesia pertama pernah singgah untuk istirahat dalam perjalanannya berkeliling Aceh pada tahun 1953. Kedatangan Hatta ke Aceh Selatan disambut meriah olah rakyat, dimana waktu iti Hatta sempat makan bersama rakyat di tepi Gunung Pudung desa Ruak Kecamatan Kluet Utara. Sekitar 40 ekor kerbau disembelih sehingga batangh sungai menjadi merah karena hewan itu disembelih di tepi sungai tersebut.

Kota Tapaktuan di Intip dari Panorama Hatta
Kota Tapaktuan di Intip dari Panorama Hatta

Jambo ini berada di atas bukit yang juga dikenal dengan Panorama Hatta terletak di desa Lhok Reukam, kecamatan Tapak tuan. Dapat dicapai dengan perjalanan darat kurang lebih selama  20 menit dengan jarak lebih kurang 8 km dari Ibukota Tapaktuan. Kalau anda melintasi pantai Barat Selatan Aceh tidak ada salahnya untuk singgah sebentar menikmati keindahan dalam yang sangat luar biasa ini.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (1)

  1. March 21st, 2012 at 18:59 | #1

    gampong ulon nyan bang :)

Leave a Reply





stack