Celoteh di Udara Malam

Tadi malam…selesai mengerjakan “PR” yang menumpuk….sampai jam 1.30 dini hari, mata ini tidak bisa juga diajak istirahat. Aku beranjak ke depan Radio RIG ALINKO MK II, satu-satunya Radio Komunikasi Home Station 2 Meteran peninggalan perang yang masih aku miliki setelah ditingggal oleh Station Allband YEASU 11 Meteran yang jebol gara-gara uji coba power yang berlebihan. Sudah lama aku tidak duduk lagi di depan Radio melakukan aktivitas selayaknya breaker yang tahan berjam-jam bercuap-cuap diudara sampai mulut berbusa (mulut apa mesin cuci sih ? ).

malamKucoba nyalakan Power Suply….syukur masih ada tanda kehidupan…Radio pun menyala…… aku arahkan ke Frekwensi ke stasiun pancar ulang sebuah Komunitas Rankom yang ada di daerah ku.

Hening….. jalur sedang kosong, tidak seperti biasanya !, dengan tidak mencoba memanggil aku beralih ke Frekwensi stasiun pancar ulang kota-kota lain….Sama saja…tidak ada lagi tanda-tanda kehidupan diujung sana. Semua sudah terlelap dengan mimpi-mimpi indah dan juga mimpi buruk yang selalu datang menemani dan menghantui.

Rasa ngantuk juga belum datang…. Aku coba scaning ke frekwensi-frekwensi bebas tempat biasanya para dedemit breaker mojok berduan atau bertigaan (kalau ber-lima-an bukan mojok namanya) dengan dedemit breaker yang lain. Scanning berhenti di Frekwensi 14X.XXX…. tapi tidak terdengar modulasi manusia….yang terdengar hanya bunyi PTT yang dimainkan oleh tangan usil yang kurang kerjaan.

Mungkin saja ada manusia diujung sana atau mungkin saja hanya kucing peliharaan yang tertidur di depan Rankom sang majikannya yang sudah berlayar ke pulau kapuk. Aku coba naikkan pancaran power ke 17 Watt….dengan mengingat filosofi para blogger….postingkan saja tulisan mu tanpa memikirkan apakah ada yang membaca atau tidak. dengan penuh keberanian ditengah keheningan malam aku mencoba memposting modulasi ku ke udara.

“Breaker”…… “Malam memang sangat indah bila dinikmati dengan tidur” ….SPASI…….”Tapi bila kita sudah tertidur bisakah kita menikmati malam ini”

Aku lepaskan PTT beberapa detik…..mungkin saja ada dedemit yang mau bergabung…………

Tidak ada…. Aku tekan lagi PTT…………….”Bisa….kita bisa menikmati malam ini dengan tertidur”……SPASI……”Karena hanya tidurlah yang menjadi kenikmatan hidup di malam hari”

Kembali ku lepas PTT…dan sayup-sayup terdengar modulasi “Kenikmatan itu hanya bagi makhluk yang tidur”….SPASI…..” Bagaimana dengan mahkluk yang tidak bisa tidur dan tidak boleh tidur ? “ ………SPASI……”Apakah meraka bisa menikmati malam ini”…………SPASI

Hmm.. modulasi siapakah itu…… aku belum pernah mendengar modulasi sebijak itu di udara.

Ah betul juga seperti yang dikatakan modulasi tadi, betapa banyak orang-orang yang tidak bisa menikmati indahnya malam…..nikmatnya tidur….hangatnya selimut….empuknya kasur….

Betapa banyak orang yang tidak bisa tidur, bukan karena tidak ngantuk….! Tapi dia terpaksa harus menghadang dinginnya malam…membanting tulang….hanya untuk mencari sekilo beras untuk anak istrinya besok… dia tidak tidur bukan karena tidak ngantuk…. Tapi keadaan hidupnyalah yang memaksa dia untuk tidak tertidur…

Kembali terdengar PTT yang ditekan, dan…………….

“Kenikmatan itu hanya bagi makhluk yang bisa menikmati tidurnya”….SPASI…..” Bagaimana dengan mahkluk yang tidak bisa tidur dengan nyenyak ? “ ………SPASI……”Apakah meraka bisa menikmati malam ini”……………SPASI…..

Modulasi itu mengingatkan aku kembali pada masa beberapa tahun yang silam, masa dimana aku tidak pernah lagi menikmati nikmatnya tidur. Masa ketika tanah leluhur ku dicabik-cabik oleh keungkuhan serdadu-serdadu bersenjata…………masa ketika aku terpaksa bergabung dengan pergerakan yang mengangkat senjata melawan Negara. Tidak pernah lagi aku menikmati indahnya malam……….posisi harus selalu dalam keadaan siaga….kerena serdadu-serdadu itu selalu mencari mangsa.

Yang aku alami itu tidak seberapa……masih banyak orang-orang yang tidak dapat lagi menikmati tidurnya dengan berbagai sebab musababnya…… entah kerena penyakit yang dideritanya atau masalah-masalah kehidupan lain yang menyiksanya………….mungkin karena hutang yang sedang meliliit dirinya sehingga membuat tidurnya tidak nyaman lagi…..atau karena dia punya musuh yang selalu mengancam jiwanya.

Bisa juga orang tidak nyaman lagi tidur karena hartanya sudah terlalu banyak, sehingga dia takut hartanya hilang diambil orang lain. Orang yang punya kekuasaan juga tidak adalagi kenyamanan dalam tidurnya, apalagi bila kekuasaan itu dia gigit dengan sepenuh hati agar orang lain tidak mengambil kekuasaannya itu dari dirinya.

Ada juga yang hilang kenikmatan tidurnya hilang karena kecerobohan dirinya sendiri karena melakukan kejahatan tapi tidak bisa mengibuli penegak hukum karena tidak punya uang untuk membayar MARKUS sehingga dia dijebloskan dalam pejara dan sialnya lagi dia dikurung dalam ruang penjara yang tidak lebih bagus dari kandang sapi…..apa boleh buat dia tidak sanggup membayar SIPIR Penjara yang berbisnis Hotel berbintang.

Ah…..modulasi itu semakin mengganggu dan terus membuat aku tidak bisa tertidur seperti orang-orang yang disebutkan diatas. Dan mungkin juga yang punya modulasi tadi juga mengalami hal yang sama.

Aku tekan PTT dan coba memastikan “Apakan anda termasuk orang yang sudah tidak dapat lagi menikmati tidur ? atau Anda sudah termasuk orang yang sudah tidak lagi menikmati malam ?……….OVER”

Terdengar jawaban diujung sana “Iya………..aku adalah orang yang sudah 20 tahun tidak lagi menikmati tidur…..walau hanya untuk satu malam pun……” ………………….hening……………..

“Tapi aku adalah orang yang sangat-sangat menikmati malam selama 20 tahun terakhir ini”

Oh…Tuhan…… luar biasanya orang ini….. teori aku ; menikmati malam dengan tidur terbantahkan sudah……………..

Malam memang indah dah harus kita nikmati…..tapi tidak harus selalu dinikmati dengan tidur….dan kita harus ingat sangat banyak saudar-saudar kita yang sudah kehilangan kenikmatan tidurnya.

Bersyukurlah bagi kita yang masih menikmati Malam……dan masih merasakan nikmatnya tidur.

Sayup….sayup terdengar “Allahu Akbar…….Allahu Akbar..”…………………Azan Shubuh berkumandang dari Mesjid di kampung ku.

Subhanallah……………….malam ini aku menikmati malam dengan tidak tertidur.

Roujer…..Foxtrot Delta Sierra 10.23

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (15)

  1. February 1st, 2010 at 10:28 | #1

    welaahhh… masih ada rojer.. rojer to..

    keren bro!…

    he..hee sama serunya juga sama Facebukan eyang :D

  2. February 1st, 2010 at 10:34 | #2

    bersyukur.., masih bisa melihat sisihan hatiku bisa menikmati malam dan menikmati tidur.
    andai aku sedang tidak bisa menikmati tidur, aku akan menikmati malam dengan mendengarkan hembusan nafasnya..
    melihat wajahnya yang tenang diantara sedikit cahaya :)

    kalau gak bisa tidur….jangan gangguin tidurnya dia ya :)

  3. February 1st, 2010 at 11:15 | #3

    aku kalau ga bisa tidur biasanya baca atau nonton tipi :)

  4. February 1st, 2010 at 12:20 | #4

    keknya enakkan rojer-rojer tuh drpd sms hehehehe …

    ampe pagi bo .. gak ngantuk tuh hehhe

    habis itu murah lagi….gak habisin pulsa :)

  5. February 1st, 2010 at 13:21 | #5

    hehe. pengalaman aku dg radio komunikasi hanyalah saat mendengarkan tanteku berojer-rojer dg teman-temannya ..20 tahun silam :mrgreen:

    menikmati atau menyebalkan kalau mendengarkan tantenya lagi ngebreak mbak hes ?

  6. February 2nd, 2010 at 06:48 | #6

    wah enak yah masih bisa nge break malam2, di tempat saya malah sdh dilarang dg alasan menggangu frekwensi radio legal.

    salam

    harus punya izin juga pak, yang gak punya izin kalau kedapatan razia bisa angkat juga perangkatnya.
    minimal punya IKRAP dan IPPKRAP

  7. erryandriyati
    February 2nd, 2010 at 21:47 | #7

    Ehm….kalo gak bisa tidur sih…biasanya baca ya….
    tapi penyakit buruk ku kalo baca, harus di-tamat-in buku nya…
    jadi yang ada sih malah tambah ga bisa tidur ya…hihihi

  8. February 3rd, 2010 at 16:05 | #8

    Oh masih ada ya. rojer ….rojer hari gini gitu lho ganti…….
    correct2, apakah benar malam bisa dinikmati tanpa tidur brik….brik… ha..ha… ingat tahun 80an yah :D

  9. February 4th, 2010 at 17:56 | #9

    menikmati malam kadang sangat brasa bila ada sesuatu yg menemani
    jika tidak… no way?
    mudah2an ngga ada yg krodit bung, hihihii..

  10. February 8th, 2010 at 15:23 | #10

    salam kenal sobat
    saya tunggu kunjungan baliknya

  11. March 20th, 2012 at 14:29 | #11

    ketika dia sudah rmneecanakan sesuatu yang bakal ‘pasti’ dari kacamata manusia itu, dia justru makin resah, makin ‘ilfil’ katanya, merasa ga jelas dan rasa tak percaya bahwa sebentar lagi statusnya akan berbeda yah kayaknya semua wanita akan merasakan hal itu,, dan bukan hanya wanita, laki2 pun akan merasakan hal yang sama, aku menyebutnya sebagai usaha maksimum dari syaitan untuk menggagalkan manusia menjalankan perintah ALLAH, dan itu dialami juga oleh aku dan mantan pacarku (istriku) ..

  12. March 20th, 2012 at 15:17 | #12

    pak saya mau tanya,saya pakai briker yang gsaritan,saya ingin terhubung dgn voip lain melalui voip rakyat,bagaimana cara setting pada briker tersebut ..maaf pak saya baru belajar dan ingin bisa.besar harapan saya bapak menjawab pertanyan saya dan membantu.terimakasih

  13. March 20th, 2012 at 17:36 | #13

    Hallo anak nongkrong blog,Numpang eaanlkn lagi ma rumah baru nih mel, yg lama dah ilang dari peradaban dunia maya. Tlg di link lagi yak , jzk.SUKSES SELALU! :) -adr-

  14. March 20th, 2012 at 20:03 | #14

    salah satu kelebihan dari saimani made in luarnegeri adalah sarat dengan pesan dan nasihat kehidupan, namun tidak menggurui,terimakasih kawan sudah berbagi pesan dibalik spongebob anime ;-)

  15. August 11th, 2012 at 11:19 | #15

    Thank you very much for this great article and information. It is very useful to me, please provide information or a good article like this again.

Leave a Reply





stack