Pantai Pusong Sangkalan

Tiga kilometer dari Kota Blangpidie Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya, terdamparlah sebuah pantai yang sangat indah yang menghiasi bibir daratan di ujung barat pulau Sumatera. Namanya Pantai Pusong Sangkalan, nama Pusong digunakan karena di Samudera Hindia dengan jarak 1 KM dari bibir pantai tertadapat “Pusong” (Pulau Gosong). Sangkalan adalah nama wilayah kemukiman dimana Pantai itu berada. Selain nama tersebut, pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Bali.Nama pantai Bali sebenarnya bukan nama yang resmi, menurut penduduk setempat banyak menyebutkan karena keindahan pantai tersebut tidak kalahnya dengan keindahan Pantai di Bali. Ada juga pendapat mengatakan karena ketika pertama sekali dibuka sebagai kawasan wisata, banyak wisatawan manca Negara yang datang menikmati keindahan pantai dengan bermain selancar dan berjemur ria dengan mengunakan bikini yang dinggap tabu oleh masyarakat setempat, mereka tidak ingin Pantai Pusong Sangkalan dijadikan sebagai kawasan wisata seperti di Bali yang sangat bebas dan merusak tatanan budaya setempat.


Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar. Ombaknya yang besar sanga menantang untuk bermain selancar. Air lautnya yang biru sangat indah dan membuat mata betah berlama-lama memandang lautan lepas yang tak bertepi itu. Kebesaran Tuhan semakin dahsyat ketika kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita dibuat tak akan lepas menatap matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi.

Kalau anda mengunjungi pantai ini dipagi hari jam 6.00 sampai dengan jam 10.00 WIB, anda akan berkesempatan melihat nelayan tradisional yang sedang “Tarek Pukat” (menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat). Sebuah tontonan yang menarik juga melihat dua kelompok nelayan yang menarik masing-masing ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 sampai 15 orang ini manarik pukat sambil mengeluarkan suara-suara teriakan kecil dan melantunkan syair-syair yang sangat indah.

Syair-syair dalam bahasa Aceh :

tarek pukat…. lamat saja

buleun seupot…..roeuh ungkot

ungkoet jeunara

Pulau Pusong Sangkalan adalah pulau kecil seluas 1 KM2 yang dulunya hanyalah daratan kecil yang gersang dan dikelilingi hamaparan karang yang sangat indah. Hamparan karang dua kali lebih luas dari daratannya dan bila air sedang surut kita bisa berjalan diatasnya dengan air setinggi lutut. Menjalajahi hamparan karang yang sangat indah membuat kita bisa melupakan waktu, kita bisa melihat ikan-ikan karang yang beraneka warna dan bentuk, belum lagi kalau kita menyelam, sungguh akan menemukan taman laut yang sangat luas dan indah dan tentunya masih perawan. Untuk mencapai pulau tersebut saat ini tidak ada angkutan khusus kesana, anda bisa menumpang perahu atau menyewa satu perahu motor sekitar Rp 300.000 /hari.

Itulah sekilas tentang Pantai Pusong Sangkalan Aceh Barat Daya. Sayang sekali Objek wisata yang sangat indah ini masih belum mendapat perhatian baik dari pengusaha maupun Pemerinatah Daerah setempat. Bahkan bisa dikatakan tidak pengelolaan dan publikasi sedikitpun dari Pemda ABDYA. Padahal objek wisata ini akan menarik perhatian wisatawan lokal bahkan mancanegara yang tentunya bisa menjadi pendapatan daerah dan juga bisa memperbaiki ekonomi masyarakat setempat.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (23)

  1. July 3rd, 2009 at 09:55 | #1

    Indahnya….
    ciptaan Tuhan emang luar biasa…

  2. July 3rd, 2009 at 09:55 | #2

    waaaa pantai tuh tempat faforit gw tuh,,,,, pengennnn tapi jaohh boooooo :D

    gak jauh… dari Medan ada pesawat langsung kesana cuma terbang 30 Menit, tiket pesawat Rp 245.000 dari Medan kalau dari Banda Aceh tiket pesawat Rp 215.000

  3. July 3rd, 2009 at 09:56 | #3

    kapan yaaa aku kesana??

  4. boeding
    July 3rd, 2009 at 09:59 | #4

    wow…kapan bisa kena ya…!!,

  5. July 3rd, 2009 at 10:11 | #5

    itu pantai aceh yah.. duh ..
    pengen deh kesana ….
    :-)

    Ya uni.
    2 jam Perjalanan dari Meulaboh

  6. July 3rd, 2009 at 10:12 | #6

    Subhanallah……betapa indahnya pantai itu :)

  7. erza
    July 3rd, 2009 at 10:13 | #7

    masih alami….

  8. July 3rd, 2009 at 10:20 | #8

    kapan yaaa aku kesana??

    *idem ma komen julie…

  9. July 3rd, 2009 at 10:36 | #9

    iya ya.. kapan… ???

  10. July 3rd, 2009 at 10:57 | #10

    Keren banget, semoga kekayaan wisata alam seperti ini bisa dikembangkan sebaik-baiknya oleh pemerintah kita.

  11. July 3rd, 2009 at 13:05 | #11

    Ke pantai cari ikan dan inspirasi.
    Salam

  12. ardt
    July 3rd, 2009 at 16:05 | #12

    Nice place, suatu saat akan saya kunjungi jika diberikan kesempatan oleh yang Maha Kuasa.
    Amin…

  13. depz
    July 3rd, 2009 at 16:07 | #13

    indahnya :)

  14. kotaksurat
    July 3rd, 2009 at 16:36 | #14

    bagus….!!!

  15. July 3rd, 2009 at 16:52 | #15

    Wuih Sedamai Aceh sekarang…

  16. July 3rd, 2009 at 19:23 | #16

    jadi pengen rasanya kesana…

  17. sammy
    July 3rd, 2009 at 22:57 | #17

    Memang indah, photo ke-2 (nelayan tarik perahu) tampak artistik …

  18. z2r1
    July 4th, 2009 at 00:40 | #18

    kirain pusong lsm..ternyata bukan..kapan pulang tkg..salam buat temen2 disana

  19. July 4th, 2009 at 01:15 | #19

    hehe… hayeeeu…. keren.. :D

    wisata aceh harus lebih di publish ke :)

  20. icai
    July 4th, 2009 at 15:55 | #20

    aku peernah ke Aceh tapi belum sempat ke pantai itu.

  21. July 4th, 2009 at 19:36 | #21

    kapan yaa aku kesana….
    *idem ma yg di atas :D

  22. July 20th, 2009 at 21:37 | #22

    mau ah ke sana…. tp kapan yah?

  23. December 2nd, 2010 at 10:21 | #23

    mantap bos….
    salam kenal ya……..
    check it out.. KUNJUNGI JUGA INI YA
    BLOG SAYA

Leave a Reply





stack