Jejaring Sosial Ala Breaker

Jejaring Sosial ternyata bukan saja bisa dibangun di dunia maya, di udara juga bisa tercipta komunitas manusia yang selalu berinteraksi antara satu dengan lainnya tampa mengenal batas waktu dan tempat. Nah inilah yang dijalani oleh  para penggemar Radio Komunikasi yang lebih dikenal dengan sebutan “breaker”.

Mendengar kata “radio” seakan membawa kita ke puluhan tahun silam.Teknologi radio merupakan salah satu teknologi komunikasi tertua yang sampai sekarang masih bertahan. Radio Komunikasi yang padan jaman perang digunakan sebagai alat komunikasi Militer sekarang telah menjadi sebuah trend hoby, dan saat ini siapa saja bisa bergaya dengan Radio Komunikasi ini, tidak mesti harus menjadi anggota tentara atau aparat Kepolisian. Cukup dengan modal Rp 300.000 anda sudah bisa mendapatkan perangkat Radio HT (handy talky).

Dengan hanya memiliki perangkat Radio Komunikasi sebenarnya anda sudah bisa melakukan aktifitas ngebreak, tapi ingat itu masih berstatus illegal alias breker liar. Ada dua izin yang harus anda kantongi yaitu Izin Kamunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP) dan Izin Penguasaan Perangkap KRAP (IPPKRAP) yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi, Informasi dan Telematika.

RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) adalah salah satu Organisasi yang memayungi para breaker yang ada di Indonesia yang berdiri sejak 10 November 1980 yang berkiprah mendukung pembangunan nasional melalu kegiatan bantuan komunikasi dan juga kegiatan social dan kemanusian lainnya. Bagi para Breaker yang sudah bergabung dengan RAPI, akan memperoleh Call Sing (Nama Panggilan) yang disebut dengan 10.28, seperti saya mendapat 10.28 : JZ 01 FDS (baca : Juliet Zulu Kosong Satu Foxtrod Delta Seira). Nama panggilan bukan sekedar nama panggilan, tapi juga memiliki makna yang jelas. Kalau anda memperhatikan nama panggilan saya (JZ 01 FDS), JZ adalah kode Organisasi RAPI, kalau Organisasi lain lain lagi kodenya, 01 adalah kode daerah NAD (SUMUT : 02 dan seterusnya), F adalah kode Wilayah/Kabupaten (untuk wilayah 01 : Banda Aceh : B, Pidie : P, Bireuen : F, Lhokseumawe : K, Aceh Utara : C, Aceh Tengah : G, A. Barat : E, Abdya : U, Aceh Selatan : T dan seterusnya). Sedangkan DS adalah indentitas pribadi saya (kita bisa merequest sesuai dengan keinginan kita asal masih tersedia ataupun belum ada digunakan oleh orang lain).

Bagi yang sudah punya Call Sign menjadi kebanggaan tersendiri bagi para breaker sehinggi sering di dipasang di Mobil atau di Rumah. Call Sign atau 10.28 ini dalam dunia internet adalah ID atau Username. Jadi dunia breaker ini tidak jauh berbeda dengan aktivitas di dunia maya, yang membedakan hanyalah medianya saja. Dan saat ini juga breaker juga sudah menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan fasilitas Gateway RAPI, dengan fasilitas ini anggota RAPI bisa berkomunikasi di rekan-rekan di seluruh Nusantara bahkan dunia sekalipun. Gateway RAPI ini juga bisa dilingkan ke Stasiun pancar ulang, sehingga anggota RAPI yang tidak memiliki akses internet bisa ikut juga nimbrung dan berkomunikasi dengan 10.2 (10.2 adalah kode untuk menyebutkan penerimaan baik).

Dan yang paling unik dalam ngebreak itu adalah mengunakan bahasa sandi atau disebut Ten Code 10. 10.1, 10.2, 10.3 dan seterusnya 10.100 (ke kamar mandi).

Yuk jadi breaker…Roujer…..Salam 51.55 harapan tetap 10.2……disini Juliet Zulu Kosong Satu Foxtrod Delta Seara mengambil posisi 10.23.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (11)

  1. May 10th, 2009 at 18:39 | #1

    Hello,
    tengku-muda.com – da best. Keep it going!
    Thank you
    AnnaHopn

  2. May 21st, 2009 at 04:31 | #2

    Assalamualaikum,

    salem.. bang.. dari aceh ya… :D

  3. May 27th, 2009 at 15:54 | #3

    wah… masih ada ya komunitasnya,
    aq kira dah mati,
    tergantikan oleh handphone

  4. June 2nd, 2009 at 14:02 | #4

    salam kenal ya bro walau sudah kenal hehe :)

  5. Enzus sabang
    September 29th, 2009 at 14:02 | #5

    Ass. Wah…kalau begitu jangan lupa panggil saya 01.mzu. Kota sbng.

  6. March 20th, 2012 at 16:56 | #6

    sampai kapan aceh defisit siltrik .,dari dulu gak pernah aQ dengar siltrik di aceh tanpa masalah ,selalu janji dan janji yang terdengar,,,,,,,,,,,,,,,,,,,apakah masalh siltrik gak bisa di atasi ,harus menunggu rakyat turun ke jalan ..,listrik adalah kebutuhan yg sakral di butuhkan hari ini ,dan negara wajib memenuhinya ..,64 tahun sudah merdeka .

  7. March 20th, 2012 at 17:16 | #7

    tak ada tema, tag awan dan pengkategorian dalam blog smyasoe, apalagi mengandung pesan khusus paling cuman curhatan layaknya blog jaman baheula.. tapi apapun bentuknya dan seperti layaknya om aan M, saya masih setia di blogspot wkk (kecuali ada yg bantu importkan ke wp) wkkk . inkonsisten dan tulisan terbaru? wahh.. bulan des ini baru satu dan memang cuman rata rata satu ,, jangan lupa baca kisah terbaru smyasoe yach salama !!

  8. March 20th, 2012 at 19:35 | #8

    Blog saya sendiri arnajg ada yg komentar, kalopun ada paling cuma 2 orang teman yang memang para-para ta’ ji yang tau blog masing2..hehehetapi it’s ok lah, yang penting niat untuk terus nulis tetap membara walopun lebih banyak nulis soal pribadi (yang bisa dikonsumsi publik), tapi smoga sj bisa cukup memberi pelajaran buat mereka2 yang menyempatkan diri untuk mampir ke blog ku .Intinya KEEP WRITING..!

  9. March 20th, 2012 at 20:49 | #9

    hi.. nama saya patricia. slm kenal ya! :) post ini rgneuba bgtt. Sy jadi tau bagaimana cara membuat blog yang menarik perhatian pembaca atau komentator. kiat2 yang ditulis disini cukup lengkap. mau sy coba deh. hehe..Btw, kl anda berkenan, kunjungi blog sy dongg -> namastee-wonderland.blogspot.comntr tlg kasi komentar yaa apa aja yg kurang dari isi blog saya..makasi:)

  10. March 20th, 2012 at 21:30 | #10

    tergantung niat sih, kalo niatnya cuma mau mnakabedigan opini, mau di komentari atau tidak gak masalah, mau ada yg baca atau tidak juga no problemo. :) cuma kalo ada komentar berarti ada interaksi dari pembaca, nilai lebihnya (mungkin dan mudah2an) si bloger akan semakin terpacu untuk menulis lebih baik lagi.:)

  11. March 21st, 2012 at 00:09 | #11

    wah, tips nomor 5 membuatku tsnginegurg :D btw, tips seperti ini yang kita tunggu2 thanks sudah mengingatkan. dulu saya berambisi menjadi blogger populer, sedikit narsis, tapi sekarang saya insyaf, itu tidak ada gunanya. yang paling penting adalah menjadi penulis yang baik. :D

Leave a Reply





stack