Pelatihan Blogging di Bireuen Berlangsung Sukses

Bekerjasama dengan Telkom Speedy Bireun, Aceh Blogger Community (ABC) kembali mengadakan pelatihan Blogging dan Menulis bagi pemula untuk yang keduakalinya. Jika sebelumnya, ABC menyelenggarakan pelatihan untuk siswa/i di Kota Banda Aceh, Kali ini ABC melaksanakan pelatihan khusus blogging di Kota Juang, Bireuen, Sabtu dan Minggu (28-29/03).

Acara yang di pakarsai oleh member ABC Bireuen ini, terlaksana berkat kerjasama dengan Telkom Speedy Bireun. Sekitar 45 (empat puluh lima) peserta dari berbagai kalangan ikut ambil bagian pada pelatihan bloger pertama yang diadakan di kota Bireuen. Guna menyukseskan pelatihan Blogging dan Menulis ini, Aceh Bloggor Community menurunkan dua orang Senior Trainer Blogger Aceh dari Banda Aceh yaitu Muda Bentara dan Fadli Idris. 

Pelatihan ini sendiri merupakan program tetap ABC dalam mengkampanyekan blog kepada masyarakat luas, khususnya bagi masyarakat Bireuen. Pelatihan yang dibagi dalam empat gelombang itu dibagi menjadi sepuluh peserta per sesinya.

Andrian, JM Telkom Cabang Lhokseumawe di damping oleh Akmal Fiti selaku Manager Plasa Bireun dalam kata sambutanya mengatakan bahwa sebenarnya Bireun merupakan tempat uji coba penggunaan Telkomnet saat pertama kali diluncurkan di Aceh, tapi pemahaman masyarakat akan maanfaat teknologi internet masih sangat kurang. Untuk menimalisir tingkat gagap teknologi dikalangan masyarakat Bureun pelatihan seperti ini perlu terus diadakan tidak hanya berhenti disini saja, lanjutnya. Masih menurut Andrian, Telkom memalui layanan speedy learning center yang telah ada selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar, dan hal ini diberikan secara gratis oleh telkom guna meningkatkan tingkat pemahaman masyarakat akan teknologi internet.

Menurut Tengku Muda selaku ketua Panitia, Pelatihan Blogging dan Menulis ini akan ditindaklanjuti dengan membentuk Member Group peserta yang diberi nama “Awak Blogger Bireuen”. Awak Blogger Bireuen menjadi irisan dari Aceh Blogger Community yang menjadi wadah sharing dan silaturrahmi bagi peminat blogger di Bireuen. Acara Pelatihan Blogging ini juga menggunakan layanan koneksi internet dari speedy dengan kecepatan yang sangat bagus.

Kegiatan ini sendiri mendapat sambutan yang sangat antusias dari peserta yang hadir, hal ini terlihat pada saat pelatihan berlangsung dimana para peserta pada sesi tanya jawab begitu banyak melemparkan pertanyaan kepada pemateri, Muda Bentara yang bertindak sebagai Bapak Guru saat pelatihan sempat kewalahan dalam menanggapi pertanyaan dari peserta, namun demikian semua pertanyaan bisa dijawab dengan lugas oleh Muda Bentara. 

Pelatihan disetiap sesi ditargetkan diikuti oleh 10 orang peserta. Hal ini dilakukan karena terbatasnya fasilitas komputer yang ada. Namun begitu, ada beberapa peserta yang membawa notebook pribadi  pada saat pelatihan, sehingga setiap sesion peserta bisa melebihi yang telah ditargetkan. Hal ini bisa menjadi indikator tingkat keinginan masyarakat untuk belajar ngeblog di Bireuen.

Pada penutupan Acara pelatihan itu, Ketua Panitia, Tengku Muda mengharapkan, bagi para peserta yang masih belum paham tentang blogging, dapat bertanya langsung kepada ABC melalui milling list ABC. Dengan bergabungnya para peserta bersama ABC ini, diharapkan, mampu memberi harapan baru bagi blogger-blogger di kota Bireuen.

Selain itu, Nasri, Manajer Telkom Lhokseumawe mengatakan. Pihak Speedy akan membuat learning center untuk daerah lainnya, yaitu untuk wilayah Lhokseumawe dan Takengon. Sehingga kedepan, Aceh Blogger dapat membuat acara yang sama melalui pertemuan-pertemuan demi mengenalkan internet yang sehat bagi masyarakat.

“Acara Pelatihan Blogging dan Menulis ini, secara tidak langsung telah memperkenalkan internet kepada masyarakat umum, khususnya bagi para siswa dan mahasiswa,” ungkap Nasri.

Nasri menambahkan, kegiatan yang diadakan oleh ABC ini, telah membantu telkom yang seharusnya menyediakan tenaga khusus bagi kegiatan sejenisnya. ABC telah mampu membantu pendidikan di Aceh secara tidak langsung.

Rencananya, para peserta dan segenap panitia akan kembali berkumpul guna membahas berbagai kendala dan masalah saat pelatihan. Serta sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh peserta dan panitia pelatihan.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (11)

  1. mudastsir
    March 30th, 2009 at 11:31 | #1

    Assalamu’alaikum Teurimong Geunaseh yang get that lamboeng untuk semua Pihak yang telah mensukseskan acara ini.
    teristimewa untuk Para Instruktur, Adinda Muda Bentara dan Bang Fadli Idris yang sudah bersusah payah datang jauh-jauh dari Banda Aceh. JASA MU TIADA TARA….:)

    Juga untuk teman-teman panitia, Joel Cipuga, Ian Putra Kota Juang, Tgk Amri Laksmana, Ari Firnanda, Putri Leubu dan Ida Leubu, Bang Syukur RAPI. Thenngkyu atas kerjasamanya.

    Salam untuk Pak Aulia atas semangat dan disgn Spanduknya (sory pihak Telkom mengedit backgroudnya). >>> woe laju beubagah u Bireun jeut tapeuget acara yang hayeu lom :) .

    Kepada Telkom Pak Andri dan Pak Akmal Fitri terimakasih untuk supportnya…. teristimewa untuk Bang Desneldi yang sudah pindah tugas ke Jakarta.

    Akhirnya kepada blogger Bireun selamat bergabung dengan ABC dan ABB (Awak Blogger Bireun) insyaAllah kita akan mengukir sejarah indah dengan memberikan kontribusi bagi Daerah kita tercinta ini.

    Wassalam

    Tengku Muda

  2. March 30th, 2009 at 12:32 | #2

    semoga kopdar regional Bireuen bisa menjadi perekat hubungan Awak Blogger Bireuen….

  3. March 30th, 2009 at 13:12 | #3

    wah…. bereh goe……
    kesian deh hana sempat baca Harian Aceh Uroe nyoe..

  4. March 30th, 2009 at 13:13 | #4

    Hidup..Blogger Bireuen………………….!!!

  5. March 30th, 2009 at 16:37 | #5

    Selamat dan Sukses atas pelaksanaan pelatihan blogging di Bireuen… Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kabupaten lainnya di hari-hari mendatang…

  6. March 30th, 2009 at 17:21 | #6

    wah perlu diteruskan tuh…
    bersama menuju hidup yang lebih baik…

  7. March 31st, 2009 at 05:28 | #7

    luar biasa..semoga sukses selalu..hidup ABC!

  8. April 1st, 2009 at 15:58 | #8

    selamat saudaraku.. patut dijadikan contoh nih

  9. April 1st, 2009 at 15:08 | #9

    luar biasa… sukses selalu tuk Acehblogger

  10. April 3rd, 2009 at 01:28 | #10

    Thanks pak akhyar atas kunjuanganya…juga atas sumbangannya :)

  11. May 11th, 2009 at 18:07 | #11

    Assalamu’alaikum…saya baru belajar ngeblog ni..oya blogger mania di bireuen sudah ad ya…tlg email saya alamat URL blogger bireuen .trims

Leave a Reply





stack