ACEH VIRTUAL STORE (AVS)


BACKGROUND

Nanggroe Aceh Darussalam adalah daerah yang sangat kaya, baik sumber daya alam (SDA) hingga budaya masyarakat yang memiliki keunikan dan kekhas-an yang tersendiri. Sejumlah produk budaya adalah suatu yang sangat mahal dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena masyarakat-masyarakat di dunia sangat menghargai kebudayaan Aceh.

Setelah bencana alam gempa dan tsunami yang menimpa Nanggroe Aceh Darussalam, tersisip hikmah yang sangat besar dengan terbuka lebarnya akses ke Aceh bagi bangsa-bangsa luar. Ribuan relawan dari berbagai penjuru dunia datang ke Aceh. Selain menjalani aktivitas sebagai relawan kemanusiaan, sengaja atau tidak sengaja mereka mulai mengamati dan menikmati kehidupan masyarakat Aceh, yang membekas dihati yang menjadi cerita berharga ketika pulang ke negeri asalnya. Kesimpulannya : Naggroe Aceh Darussalam beserta lagenda dan budayanya telah menjadi wacana di seluruh dunia.

Dapat dipastikan bahwa mereka mulai mengenal barang-barang antik yang menjadi souvenir untuk dibawa pulang ke negeri asalnya, barang-barang itu baik berupa rincong aceh, siwah, songket, kopiah meukeutop, tika iboeh, Pintoe Aceh dan eccessories kas aceh lainnya sampai dengan makan-makanan khas seperti pliek Ue, umping, pisang sale, dhoi-dhoi, bu bajek, halua, keripiek sare, kue pala dari pantai barat selatan, dan jenis lainnya. Tentu bukan saja para relawan kemanusiaan yang telah ke Aceh meminati barang tersebut, tapi semua orang yang sudah mendengar cerita tentang Aceh pasti ingin memiliki barang-tersebut.

Beranjak dari hal tersebut, maka kami melihat perlun adanya promosi besar-besaran dan juga mencermati peluang pasar luar negeri. Penjualan souvenir di internet adalah prospek bisnis yang sangat menjanjikan. ACEH VIRTUAL STORE (AVS) adalah sebuah usaha electronic commerce yang tidak saja menjadi mesin uang tapi juga dapat menjadi media sosialisasi kebudayaan Aceh ke dunia global.

PRODUK YANG DITAWARKAN

Produk-produk yang ditawarkan adalah souvenir Aceh baik berupa accessories, makanan khas (jenis makanan yang bisa tahan lama) sampai e-book ensklopedi Aceh.

Accesoris berupa :

  • Rincong
  • Siwah
  • Pintoe Aceh
  • Kain Songket
  • Kopiah Riman
  • Pakaian adat Aceh
  • Tas Motif Aceh
  • Baju Muslim Motif Aceh
  • Berbagai bordiran
  • Sepatu/sandal Aceh
  • Tikar Pandan
  • dll

Makanan :

  • Pliek U
  • Halua
  • Dodol
  • Bu Bajeek
  • Pisang Salee
  • Keripiek Sare
  • Kue Supet
  • Kue Keukarah
  • Kue Pala
  • Syrup Pala
  • Dan makanan kering khas aceh yang bisa tahan lama.

Eksiklopedi-ensklopedi dalam bentuk e-book

KEUNIKAN KELEBIHAN

Mungkin ada yang bertanya, apakah souvenir Aceh akan laku di pasar global? apakah orang-orang asing akan meminati Rencong atau Pisang Sale?

Souvenir Aceh memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nilai jual tinggi. Dengan menempatkan diri pada posisi resseler AVS tidak memerlukan modal yang besar dalam hal pengadaan souvenir, karena dapat menjalin kerjasama dengan toko-toko souvenir atau pengerajin-pengerajin yang sudah ada sehingga dapat juga membantu mereka mempromosikan produk-produk kerajinan yang selama ini hanya dipasarkan di pasar lokal.

TARGET PASAR

Target pasar AVS sangat luas, tidak saja pencinta budaya tapi siapa saja di seluruh penjuru dunia pastis meminati souvenir Aceh. AVS pada tahap pertama menargetkan 10 % persen pengguna internet di dunia yang pada saat ini berjumlah ± 1,5 Miliyar akan memesan souvenir Aceh ke AVS.

TEMPAT/LOKASI USAHA ANDA

Tempat Usaha untuk AVS cukup digerakkan dari rumah , tidak perlu ruang toko ataupun ruang gudang. Dengan menyewa web hosting dan membeli sebuah domain name AVS akan menggelar etalase di dunia maya yang siap di browsing oleh siapa saja dan dimana saja, dengan kata lain AVS akan membuka toko di setiap tempat.

PESAING USAHA

Secara umum bisa dikatakan bahwa AVS belum memiliki saingan, karena belum ada Toko Souvenir Aceh yang menggunakan sistem ini, kalau pun ada masih sangat sedikit. Karena itu kami sangat yakin bahwa AVS punya prospek yang sangat menjanjikan.


SISTEM MARKETING

AVS akan tampil di www.acehvirtual.com yang memajangkan etalase produknya. Dengan mengpublish ke sejumlah situs search engine AVS akan cepat terpublikasi ke semua pengguna internet. Pembeli dapat melihat dulu gambar produk yang ditawarkan berikut dengan keterangannya serta harga yang ditawarkan, setelah berminat dapat melakukan transaksi melalui email atau telepon. Pada tahap awal AVS menggunakan sistem pembayaran langsung malalui transfer via Rekening Bank, untuk selanjutnya dikembangkan pembayaran via kartu kredit. Pesanan dikirim melalui jasa pengiriman seperti TIKI atau melalui jasa POS.

TIM MANAJEMEN USAHA

AVS tidak membutuhkan tenaga yang besar, AVS cukup di gerakkan oleh tiga orang.

  • Penanggung jawab usaha akan kami tangani sendiri yang mengkoordinir semua kegiatan AVS
  • 1 orang colector yang merangkap expedisi yang bertugas menyediakan barang pesanan dan mengantar ke tempat pengiriman.
  • 1 orang operator yang bertugas membaca email dan menjawab telp.

PENETAPAN HARGA

Dalam hal ini pengadaan barang, AVS memposisikan diri sebagai Reseller dari toko-toko souvenir Aceh yang sudah ada. Pada tahap pertama sebagai promosi (1 semester) AVS mengambil keuntungan 25% dari harga untuk pesanan dari dalam negeri dan 35 % untuk pesanan luar negeri yang sudah termasuk biaya pengiriman. Untuk tahap berikutnya disesuaikan dengan biaya pengiriman.

Misalnya :

Harga dasar Rencong ukuran Sedang

Rp. 100.000,- + 35 % = Rp. 135.000,- (pesanan dalam negeri)

Rp. 100.000, – + 45 % = Rp. 145.000,- (Pesanan Luar Negeri)

Harga Dasar Pakain Adat Aceh

Rp. 650.000,- + 35 % = Rp. 877.500,- (pesanan dalam negeri)

Rp. 100.000, – + 45 % = Rp. 942.500,-(Pesanan Luar Negeri )

TARGET PENERIMAAN

AVS menargetkan akan menjual 1500 souvenir dalam tahun ini degan keuntungan rata-rata per 1 souvenir adalah Rp. 75.000,-. Maka AVS akan menjadi mesin uang yang menghasilkan keuntungan bersih Rp. 112.500.000/tahun. Kami yakin dengan semangat untuk berkreativitas nilai ini akan tercapai.

KEBUTUHAN MODAL USAHA 1 TAHUN

2 unit komputer AMD Athlon 64 BIT @ Rp. 5.400.000,- Rp. 10.800.000,-

1 Unit Printer Canon iP 1600 Rp. 600.000,-

1 Unit Scaner Canon Lide 45 Rp 790.000,-

1 Unit Camera Digital Canon Rp 2.700.000,-

Sewa Web Hosting 350.000/bulan x 12 bulan Rp 4.200.000,-

Domain name dot com Rp. 120.000,-

Hosting Rp 350.000,-

Biaya pembuatan website Rp. 1.500.000,-

Rp. 20.590.000,-

(Dua Puluh Juta Lima Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah)

PENUTUP

Membangun toko virtual bakan hanya sekedar mimpi-mimpi kami, kami yakin bisa mewujudkan semua itu. Siapapun akan mengakui bahwa e-commerce telah banyak mensukseskan anak-anak muda yang kreatif. Keingginan untuk memperkenalkan budaya bangsa menjadi motivasi yang terus mencabuk kami untuk terus bangun mencurahkan segenap kemampuan untuk ibu pertiwi. Konsep yang kami tuliskan bukan saja untuk kami sendiri, tapi kami sangat bangga bila pemuda-pemuda di Aceh bisa membuka mata, bahwa penderitaan dan cobaan yang menimpa daerah ini telah berakhir dan kita harus bangkit….bangkit…..dan bangkit. Tidak ada cerita berpangku tangan. Teknologi tiada berarti kalau tidak kita nikmati dengan berkreasi.

AVS hadir untuk budaya bangsa lebih berharga.

Trackbacks (0)

  1. No trackbacks yet.

Comments (1)

  1. Vathria
    May 10th, 2007 at 05:08 | #1

    Hallo Tengku Muda

    Saya bukan Tengku dan tidak Muda Lagi.

    “Inisiatif dalam membentuk AVS sangat brillian. Sayang Link yang ada sepertinya tidak aktif”

    Bagaimana kalau kita mulai dari awal lagi, direncanakan dengan lebih baik dan dengan tujuan yang tidak hanya memperkenalkan produksi kerajinan tradional.

    Saya memang saat ini sedang merencanakan virtual store, dan dalam tahapan mengumpulkan ide-ide yang berguna untuk kelangsungan virtual store tsb.

    Untuk diskusi lebih lanjut contact di vathria@gmail.com

    Salam
    Putra Aceh di Medan

Leave a Reply





stack